PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE DRAMATISASI DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL FIKRI BINJAI

  • Mawaddah Nasution Fitri Yuningsih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: kemampuan berbahasa, metode dramatisasi

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada 20 orang anak kelompok B RA Nurul Fikri Binjai. Penelitian ini didasarkan pada kemampuan berbahasa anak dalam
berkomunikasi yang belum berkembang sesuai harapan. Salah satu cara atau langkah yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode
dramatisasi. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode dramatisasi di RA Nurul Fikri Binjai.
Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus melalui tahapan-tahapan penelitian pada tiap siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.
Dari hasil observasi ditiap siklusnya diketahui bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode dramatisasi. Peningkatan kemampuan
berbahasa anak tersebut dapat dilihat dari observasi diawal penelitian sebelum tindakan dilaksanakan dimana persentase keberhasilan dalam menigkatkan belajar hanya 38.30%.
Persentase keberhasilan anak semakin meningkat pada siklus I yaitu 45%, dan semakin terlihat meningkat setelah dilakukan tindakan pada siklus II yaitu 56,7% dan meningkat
pada siklus III dimana capaian hasil anak setelah mengikuti kegiatan belajar yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi
peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode dramatisasi di RA Nurul Fikri Binjai.

Published
2018-04-11