PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL KONSEP ANGKA DI TK/PAUD
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif mengenal angka dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian adalah anak-anak yang berada di kelompok A PAUD Adetia. Objek penelitian adalah model metode pembelajaran demonstrasi, kemampuan kognitif mengenal angka. Evaluasi berupa pretest dan posttest mengenai pengenalan bilangan, dengan indikator kemampuan pemahaman konsep bilangan. Perbedaan skor dianalisis menggunakan teknik statistik uji t. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi, sedangkan kelas kontrol diajarkan secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan kelompok data kelas eksperimen berbeda dari kelas kontrol bentuk dengan nilai signifikan adalah 0,86 (p = 0,05). Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka.