UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA SMK AL-WASHLIYAH 3 MEDAN
Abstract
Think Talk Write (TTW) adalah model pembelajaran yang memfasilitsai latihan berbahsa secara lisan dan menulis dalam bentuk tulisan. Model pembelajaran think talk write adalah pembelajaran yang dimulai dengan berfikir dengan bahasa bacaan, hasil bacaanya dikomunikasikan dengan presentasi, pada penelitian ini model pembelajaran Think Talk Write (TTW) di kembangkan melalui sintaks yang ada untuk memberikan pengetahuan kepada guru yang mengampu mata pelajaran akutansi di sekolah SMK Al-Washliyah 3 Medan. Alur kemajuan pembelajaran TTW dimulai dari keterlibatan siswa dalam berpikir atau berdialog dengan dirinya sendiri setelah proses membaca, selanjutnya berbicara dan membagi ide dengan temannya sebelum menulis. Pengembangan model pembelajaran TTW ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul saat melaksanakan pembelajaran akuntansi di kelas XI. Kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran, serta pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher center) menyebabkan Rendahnya hasil Belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, sehingga dengan penggunaan pendekatan Think Talk Write (TTW) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI SMK.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Dengan subjek siswa kelas XI SMK Al-Washliyah 3 Medan. Dari uraian laporan akhir penelitian diperoleh dan telah dikemukakan, maka perlu diadakan perbaikan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siklus I. Dan ini terbukti dengan menggunkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI SMK, yang di lakukan dengan melalui 2 siklus dari 4 tahapan yaitu : Merencanakan, Melaksanakan danĀ Mengamati dan Mereflesi serta evaluasi. Dan pada Siklus II di peroleh nilai persentase sebesar 86,25 kreteria baik, dan sudah banayk siswa yang mulai paham dengan materi yang di berikan dengan model pembelajaran TTW.