GAMBARAN PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SIX THINGKING HATS UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR

  • Khairina Ulfa, San Putra Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Bimbingan Kelompok, Six thingking hats, Kejenuhan Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di SMP IT Nurul Ilmi, didapatkan hasil bahwa siswa sering mengeluhkan banyaknya tugas yang diberikan oleh guru, banyaknya mata pelajaran, nilai yang harus standar KKM pada eksak, tidak dapat fokus dengan baik dibeberapa pelajaran tertentu dan tertekan pada saat belajar dan selalu menghindari beberapa mata pelajaran, sulit mengemukakan pendapat, menunda tugas yang diberikan guru, siswa tidak dapat berkonsentrasi secara baik pada saat pelajaran yang ditunjukkan dengan mengganggu temannya disaat guru menjelaskan pelajaran, tidur dikelas, sering mengobrol dengan temannya, dan juga melamun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendekripsika  gambaran pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. (2). Mendeskripsikan kejenuhan belajar siswa.(3). Mendeskripsikan teknik six thingking hats, (4). Menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik six thingking hats untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa. Metode penelitian Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan between-groups design model pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa 7 sesi, yang diselenggarakan  1 kali dalam 1 hari. Kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan apapun. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP IT Nurul Ilmi.  Adapun luaran dari penelitan ini adalah jurnal nasional dan prosiding. Adapun hasil penelitian yaitu: Hasil perhitungan Wilcoxon signed ranks test dengan menggunakan SPPS for windows versi 16.0 menunjukkan p = 0,002 < 0,05 (signifikan), sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga µ1 ≠ µ2 yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata penuruan kejenuhan belajar terhadap siswa SMP Nurul Ilmi  yang menerima teknik six thingking hets  dengan yang tidak menerima teknik six thingking hets, sehingga peneliti dapat MENERIMA Ha dan MENOLAK H0 sehingga terjawab tekbik six thingking hets dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP Nurul Imi  Medan.

Published
2020-11-13