STRATEGI PEMBELAJARAN POINT – COUNTER – POINT DENGAN MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Fisika merupakan salah satu bidang ilmu yang penting bagi peserta didik dan dipelajari mulai dari jenjang SMP hingga SMA. Siswa mempelajari fisika dalam rangka mengembangkan keterampilan memecahkan permasalahan yang terkait dengan fenomena alam dalam kehidupan. Pembelajaran fisika tidak hanya sebatas pada mempelajari fakta-fakta dan teori, namun pembelajaran fisika juga memerlukan kegiatan penyelidikan untuk menemukan fakta-fakta baru, baik melalui observasi maupun eksperimen, sebagai bagian dari kerja ilmiah yang melibatkan keterampilan proses yang dilandasi sikap ilmiah. Model pembelajaran kelompok adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok – kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat bahwa yang meningkatkan efektifitas belajar siswa bukan hanya dari pemilihan model saja melainkan dari bagaimana cara kita menentukan strategi pembelajaran yang dipilih harus berkaitan erat terhadap model yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Efektifitas Belajar siswa dengan mengkolaborasikan Strategi dengan Model Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada fenomena – fenomena objektif dan maksimalisasi objektivitas, desain penelitian pada metode ini dilakukan dengan menggunakan angka – angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol.Hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya tentang pengaruh strategi pembelajaran point counter point terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran fisika siswa kelas IX IPA SMA Al Washliyah – 3 Medan menunjukkan bahwa bahawa terdapat pengaruh strategi pembelajaran