PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) YANG BERORIENTASI PADA METODE INQUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Saiful Bahri Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah
  • Ginda Maruli Andi Siregar Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah
Keywords: Metode Inquiri, Hasil Belajar, Lembar Aktivitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kelayakan materi dan bahan ajar berbasis LAS pada metode inquiri 2) Untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis LAS berorientasi pada metode inquiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan pengembangan model 4-D. Teknik analsisis data yaitu analisis kelayakan bahan ajar, analisis lembar pengamatan. Hasil penelitian adalah 1) Kelayakan Bahan ajar berbasis LAS berorientasi pada metode inkuiri dikategorikan baik persentase 70,21% 2) Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis LAS berorientasi pada metode inkuiri sebesar 74,90% kategori baik 3) Persentase kemampuan guru pengelolaan pembelajaran mennggunakan bahan ajar berbasis LAS adalah 79,63% dengan kategori baik

Published
2021-01-05