PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA DALAM BAHASA INGGRIS DENGAN METODE SNOWBALL THROWING BERMEDIA AUDIOVISUAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penguasaan kemampuan menulis narrative teks melalui model pembelajaran snowball throwing bermedia audiovisual dengan mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Subjek Penelitian adalah Mahasiswa FKIP Bahasa Inggris. Ada sekitar 22 Mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan Pretest dan Postest Control group design. Berdasarkan output Statistics diketahui rata-rata nilai peningkatan keterampilan menulis narrative text mahasiswa atau Mean untuk kelas kontrol adalah sebesar 0,19486 yang tergolong ke dalam kategori peningkatan yang rendah, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,36691 yang tergolong ke dalam kategori peningkatan yang sedang. Dengan demikian secara deskriptif statistik dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata nilai peningkatan keterampilan menulis narrative text mahasiswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan tabel output Independent Samples Test pada bagian Equal variances assumed, diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,008 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai peningkatan keterampilan menulis narrative text mahasiswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media animasi berbasis audiovisual lebih baik dalam meningkatkan keterampilan menulis narrative text mahasiswa.