PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK XYZ

  • Ari Kartiko Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
  • Harsono Harsono Universitas Merdeka Malang
  • Ahmad Karim Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan
  • Mujiono Mujiono Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Pasien, Ibu dan Anak

Abstract

Pada industri jasa, kualitas jasa pelayanan menjadi komponen utama yang sangat penting. Kualitas pelayanan jasa yang terbaik merupakan kunci sukses dalam strategi bersaing yang berhasil dan kuncinya adalah memenuhi apa yang menjadi harapan konsumen, sehingga konsumen memperoleh kepuasan atas pelayaan yang diberikan oleh penyedia jasa.tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di RSIA XYZ. Pengujian stastistik pneleitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan enam faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan dan terdapat tiga faktor kepuasan pasien. Dapat disimpulkan penelitian ini secara signifikan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien oleh karena itu untuk meningkatkan kepuasan pasien perlu ditingkatkan beberapa hal, terutama peningktan fasilitas fisik, peralatan medis, serta memberikan pelayanan secara professional sesuai dengan kode etik profesi.

Published
2021-01-20