PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa dengan menggunakan bahan ajaryang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan
adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek uji coba terbatas bahan
ajar adalah siswa kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 8 Medan. Hasil penelitian berupa produk bahan ajar pada materi Segiempat di kelas VII SMP. Validasi
bahan ajar berdasarkan pada pendapat para validator yang telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan;dan bahan ajar dan instrumen penelitian
telah diuji coba terbatas. Kepraktisan dianalisis berdasarkan: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) respon siswa. Efektifitas dianalisis
berdasarkan: (1) ketuntasan minimum kemampuan komunikasi matematika siswa; (2) Keaktifan aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar matematika
berbasis kontekstual yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan bahan ajar
berbasis kontekstual yang dikembangkan berhasil mengalami peningkatan dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah indikator
kemampuan komunikasi matematis keempat yaitu membuat model matematika berdasarkan ide matematika yang diperoleh.