PERAN WEBINAR DALAM PENINGKATAN KOMPTENSI DOSEN DI ERA NEW NORMAL (STUDI PADA DOSEN UMN AL WASHLIYAH)
Abstract
Kompetensi dosen merupakan standar kemampuan yang harus dimiliki dan selalu di-upgrade dalam
rangka menjamin mutu dosen terutama Dosen UMN Al-Washliyah dan kualitas mahasiswa yang
akan dihasilkan. Webinar merupakan salah satu pilihan sarana yang dapat digunakan dalam rangka
meningkatkan kompetensi terlebih-lebih dalam memasuki era new normal pandemi Covid-19.
Pengetahuan dan kemampuan dosen dalam menjalankan aplikasi daring sangat terbatas serta
keengganan untuk mengikuti seminar online (webinar) dikerenakan intensitas dosen yang sangat
minim untuk mengikutinya sejak munculnya Covid-19. Hal ini semakin diperburuk dengan
kemampuan IT yang kurang, terutama dalam daring dan kesanggupan akses internet yang juga
kurang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran dari webinar itu sendiri dalam
peningkatan kompetensi yang dihasilkan terutama dilihat dari pengetahun dan kemampuan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara
dan pemberian angket melalui google form. Penelitian ini menghasilkan poin bahwa pengetahuan
dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti kegiatan webinar bertambah secara signifikan
yang berimbas kepada keinginan yang cukup besar untuk membuat kegiatan webinar sendiri untuk
kepentingan aktifitas pembelajaran dan kemandirian dosen mengikuti webinar menjadi lebih baik.
Permasalahan kompetensi yang ada ini bisa dihadapi dengan cara meningkatkan intensitas dalam
mengikuti webinar.