IMPLEMENTASI ART THERAPHY DALAM MENGURANGI TINGKAT STRES PADA ORANG TUA MURID DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Rutinitas berubah drastis selama pandemi Covid-19. Anak-anak sekolah harus bersekolah dari rumah, tingkat kekerasan pada anak memang bisa meningkat. Ketika orang tua stres karena kondisi keuangan yang semakin menipis, mereka jadi melampiaskan rasa marah dan kecewa pada anak. Anak yang mendapatkan perlakuan tidak mengenakkan semasa kecilnya akan berdampak tidak baik untuk masa depannya kelak. Untuh mencegah hal ini orangtua perlu untuk menjaga tingkat emosinya. Stres merupakan suatu kondisi ketegangan yang berpengaruh langsung pada emosi, proses berpikir dan kondisi fisik seseorang Untuk mengatasi stres, orangtua sangat diperkenankan mencoba hobi baru yang berkaitan dengan aktifitas yang berhubungan dengan seni, misalnya menggambar Menggambar merupakan salah satu atau modifikasi dari Art Theraphy yang bisa membantu meredakan stres dan membuat kita lebih rileks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengurangi tingkat stres pada orang tua murid dimasa pandemi Covid-19 dengan menerapkan art theraphy. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini, yaitu: 1. Sebagai rujukan tenaga pengajar dalam menjawab permasalahan yang berkaitan dengan orangtua murid, 2. Sebagai rekomendasi ke pihak terkait dalam rangka mengurangi stres di masa pandemi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian deskriptif kuantitatif ini adalah dengan menggunakan uji paired sample t test. Sumber data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi 2 sumber yaitu: data sebelum dan data sesudah pemberian art theraphy kepada orang tua murid yang menjadi responden pada penelitian ini. Adapun luaran yang ditargetkan dari Penelitian Dasar ini adalah diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi dan diseminarkan secara nasional. Tingkatan Kesiapan Teknologi (TKT) yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah level 3 yaitu sampai pada pembuktian konsep pembelajaran secara analitis dan eksperimental.