KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO SEMESTER 7A PBSI UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH T.P 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menulis teks cerpen dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video pada semester 7 PBSI Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah T.P 2020/2021. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: pertama, lembar observasi yang merupakan alat untuk mengamati seluruh kegiatan proses serta pembelajaran menulis cerpen. Populasi dalam penelitian berjumlah 91 orang mahasiswa semester 7 FKIP program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 mahasiswa semester 7A yang diambil satu kelas. Sebelum melaksanakan siklus 1, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Pada tes awal diperoleh skor rata-rata 66,9% dibulatkan menajdi 70%. Target pelaksanaan tindakan adalah rata-rata 70 secara individual dan klasikal. Target luaran dalam penelitian ini adalah jurnal internasional dan prosiding. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi dosen dan mahasiswa, serta civitas akademika dan semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran.