KESIAPAN DOSEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA NORMAL

  • Halimatul Maryani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dani Sintara Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Abdul Halim Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Kesiapan Dosen, Mutu Pendidikan, New Normal

Abstract

Pasal 31 (amandemen) ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara republik Indonesia tahun 1945 yang menyatakan bahwasanya setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan, tentunya pendidikan dimaksud pada prinsipnya pembelajarannya yang dikenal itu pada dasarnya tatap muka dan duduk di kelas untuk melakukan dalam hal melakukan kegiatan belajar mengeajar, transfer ilmu pengetahuan (knowledge) oleg dosen kepada peserta didiknya (mahasiswa). Proses kegiatan belajar mengajar di kelas, kini pasca pandemic covid-19 yang disebut dengan new normal akan berubah menjadi virtual atau yang dikenal dengan belajar online sistem dalam jaringan (daring), pembelajaran jarak jauh (PJJ). Nah, pastinya akan ditemukan berbagai kendala keterbatasan sarana dan prasarana, kemampuan dalam menyerap tehnologi, karena belum stabilnya kondisi penyebaran covid-19 tentunya menjadi dilema beberapa perguruan tinggi, termasuk Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah khususnya dosen dalam penerapan pembelajaran ini menggunakan daring yang diselenggarakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)-virtual dan jenis virtual lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui erbagai model kesiapan dosen dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di era new normal, banyak variasi model untuk melakukan kegiatan mengajar, namun variasi cara dan teknik dosen yang digunakan dalam pembelajarn tersebut di masa new normal ini tetap dilaksanakan dengan daring dan dosen boleh memilih secara daring murni atau kombinasi daring dan luring khususnya peningkatan pendidikan di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah dengan metode penelitian yang akan dilakukan adalah metode normative yang dikambinasikan dengan empiris dengan analisis datanya adalah kualitatif dan menggunakan kesimpulan dari induksi ke deduksi.

Published
2021-06-19