EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Hizmi Wardani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Saiful Bahri Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Haryati Ahda Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Pembelajaran matematika realistik, masalah kontekstual, Komunikasi Matematika, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika realistik berbasis masalah kontekstual, 2) Untuk peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika setelah menggunakan pembelajaran matematika realistic berbasis masalah kontekstual. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menerapkan metode penelitian deskriptif. Instrumen penelitian adalah angket efektifitas pembelajaran matematika realistik berbasis masalah kontekstual serta tes kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep. Hasil penelitian 1) efektivitas pembelajaran matematika realistik berbasis masalah kontekstual diperoleh skor sebesar 121 ini artinya observer memberi interpretasi kategori baik dengan nilai A, sedangkan persentase efektivitas sebesar 89%. 2) Peningkatan kemampuan komunikasi siswa memiliki gain tinggi sebanyak 5 orang, gain sedang 19 orang dan gain rendah 6 orang, sedangkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep memiliki gain tinggi 5 orang, gain sedang 18 orang dan gain rendah sebanyak 7 orang.

Published
2021-06-19