PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE

  • Melisa Zuriani Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Horia Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Minat Beli, Smartphone

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo Pada Masyarakat Desa Sukamulia Kecamatan Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 1.174 responden dengan batas toleransi sebesar 10% yang dihitung dengan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 92 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pernyataan kepada responden yaitu masyarakat Desa Sukamulia Dusun II Kecamatan Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama- sama variabel kualitas produk dan persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli smartphone oppo, hal tersebut dilihat dari nilai fhitung (48,460) > ftabel (3,10) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R square sebesar 0,521. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 52,1%, sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Published
2021-06-19