EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK KELAS 5 SDIT ALFARABI TANJUNG SELAMAT

  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Khairina Ulfa Syaimi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah terjadinya pandemic covid 19. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran daring terhadap mata pelajaran PJOK Kelas 5 SDIT Al Farabi Tanjung Selamat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis deskriftif. Sabjek dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SDIT Al-Farabi. Objek penelitian ini adalah melihat efektivitas pembelajaran daring . Merujuk dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi serta identifikasi hasil belajar siswa dari Semester Genap/Tahun Pelajaran 2019/2020) dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 ( Semester Ganjil/ Tahun Pelajaran 2020/2021, menyatakan bahwa identifikasi nilai akhir siswa menunjukan bahwa hasil belajar semester genap dengan sistem tatap muka memiliki nilai renan nilai 76 – 97 dengan keriteria sangat efektif dan hasil belajar semester ganjil menggunakan sistem Daring dengan memiliki rentan nilai 87 – 91 dengan keriteria Sangat efektif, dari hasil identifikasi ini peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran daring Sangat efektif digunakan pada mata pelajaran PJOK walaupun jika dilihat rentan nilai pembelajaran tatap muka masih terlihat lebih unggul namun faktanya juga pembelajaran daring masih sangat efektif dalam mata pelajaran PJOK di kelas 5 SDIT AL Farabi Tanjung Selamat.

Published
2021-06-19