PENGARUH PEMAHAMAN SISWA DALAM MENAGANALISIS JURNAL UMUM TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYUSUN NERACA SALDO DI KELAS X SMK SWASTA AL-WASHLIYAH 3 MEDAN

  • Cita Ayni Putri Silalahi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Siti Aminah Batubara Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Kemampuan, Analasisi Jurnal Umum, Menyusun Neraca Saldo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pemahaman siswa dalam menganalisis jurnal umum terhadap kemampuan siswa menyusun neraca saldo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu metode sampel jenuh/sensus berdasarkan ketersedian data sesuai variable penelitian, dimana semua anggota populasi menjadi sampel yaitu sebanyak 30 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS (Statiscal Product and Servise Solution) versi 20. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t diperoleh nilai nilai > sebesar 16,375 > 2,048, dengan signifikansi 0,000 dimana signifikansi 0,000 0,05 yang artinya diterima dan sebaliknya ditolak berarti ada pengaruh pemahaman siswa dalam menganalisis jurnal umum terhadap kemampuan siswa menyusun neraca saldo. R square yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,905 (90,5%) yang menunjukkan bahwa variabel independen pemahaman menganalisis jurnal umum memiliki pengaruh terhadap variabel dependen kemampuan menyusun neraca saldo sebesar 90,5%. Sedangkan sisanya 9,5% dijelaskan dengan faktor lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
2021-06-21