MODEL PENINGKATAN MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstract
Selama masa pandemic Covid-19, pembelajaran yang dilakukan secara daring (online). Sebagai seorang pendidik, harus dapat memikirkan metode atau media pembelajaran apa yang tepat dilakukan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Sosial media merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan selama proses pembelajaran secara daring. Karena setiap mahasiswa sudah dapat dipastikan memiliki sosial media. Dalam penelitian sosial media yang digunakan adalah WhatsApp dan Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis deksripsi minat belajar, kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis melalui sosial media. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UMN Al Washliyah semester III. Sampel penelitian 61 mahasiswa PGSD UMN Al Washliyah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat belajar matematika, tes kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis, Hasil penelitian ini adalah : (1) minat belajar matematika mahasiswa melalui sosial media termasuk dalam kategori tinggi hal ini terlihat dari nilai rata-rata nilai indeksnya sebesar 75,442. (2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa melalui sosial media, hal ditunjukkan dari rata-rata n-gain sebear 0,387. (3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui sosial media sebesar 0,584