PEMBELAJARAN DARING INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS II SD IT DARUSSALAM DELI TUA

  • Hasanah Hasanah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Dinda Yarshal Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Minat belajar siswa, Model pembelajaran daring interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran daring interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II di SD Swasta IT Darussalam Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research).  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Swasta IT Darussalam Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 39 siswa.  Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi.  Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata siswa sebelum diterapkan model pembelajaran daring interaktif sebesar 62,4%.  Setelah diterapkan model pembelajaran daring interaktif pada siklus I diperoleh nilai rata – rata sebesar 74,8% meningkat menjadi 85,8% pada siklus II.  Berdasarkan data nilai rata–rata minat belajar siswa pada siklus I dan siklus II peningkatan yang terjadi sebesar 11,06%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran daring interaktif dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Published
2021-10-31