PERAN INOVASI PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Saat ini, tantangan dunia pendidikan semakin kompleks dan menuntut persiapan dan pemikiran yang sangat serius. Kita dihadapkan pada suatu perubahan yang cepat dan non-linear. Ini sebagai akibat bergulirnya era Revolusi Industri 4.0. Kemajuan teknologi ini memungkinkan otomatisasi di hampir semua bidang. Dunia pendidikan salah satunya, perlunya ada Inovasi baik dari pemerintah, guru dan juga jajaran pendidikan lainnya agar peserta didik bisa berkolaborasi dengan kemajuan teknologi industry. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Peran inovasi pendidikan perlu kita berikan kepada peserta didik kita sedini mungkin. Sehingga anak didik nantinya tidak canggng dan siap berkopetensi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini nantinya adalah memberikan informasi kepada calon guru sekolah dasar yakni mahasiswa program studi sekolah dasar bagaimana peran inovasi pendidikan dapat sangat berpegaruh bila sedini mungkin sudah diajarkan kepada anak didik di usai sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, (alamiah ataupun rekayasa) namun tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau pengubahan melainkan hanya sebatas menggambarkan suatu kondisi yang apa adanya.