PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF

  • Agusman - Machrani Adi Putri Siregar UMN Al Washliyah

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi
tentang perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dihasilkan oleh dua
pembelajaran yang berbeda, yaitu pembelajaran kooperatif dan ekspositori. Hal
ini dilakukan karena sesuai dengan pengamatan awal tim peneliti pada proses
pembelajaran mata kuliah Matematika Diskrit, bahwa metode pembelajaran yang
biasa digunakan oleh tenaga pendidik pada umumnya tidak membuahkan hasil
belajar yang bagus pada mahasiswa, yang dapat dilihat dari nilai akhir yang
diperoleh. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Jurusan
Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Tahun
Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes hasil belajar mahasiswa. Dari
hasil dan pembahasan penelitian diperoleh bahwa pembelajaran matematika baik
dengan strategi pembelajaran kooperatif maupun ekspositori dapat meningkatkan
hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian dan
pembahasan seperti yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, diperoleh
simpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara mahasiswa
yang diberi strategi pembelajaran kooperatif dibandingkan dengan mahasiswa
yang diberi strategi pembelajaran ekspositori. Mahasiswa yang diberi strategi
pembelajaran kooperatif mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih baik
jika dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi strategi pembelajaran
ekspositori.

Diterbitkan
2018-04-10