PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP SELF EFFICACY MATEMATIS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap self efficacy matematis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretes dan postes. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan variable terikatnya self efficacy matematis. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan (FKIP) Universitas Muslim Nusantar (UMN) Al-Washliyah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Program Studi Pendidikan Matematika Semester VII, dan sampel penelitian terdiri dari 60 orang mahasiswa. Instrument yang digunakan adalah angket self efficacy matematis. Dalam penelitian ini, data akan di analisis dengan uji korelasi. Berdasarkan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, sehingga diperoleh nilai r sebesar 0,783. Sehingga terdapat pengaruh yang positif antara
pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap self efficacy matematis di UMN Al-Washliyah.