KOLABORASI MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING DAN DIGITAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN STORYTELLING

  • Rini Fadhillah Putri, Yuda Setiawan UMN Al Washliyah

Abstrak

 Perkembangan teknologi komputer, informasi dan komunikasi yang berkembang
saat ini telah memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia,
termasuk dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi untuk pendidikan
membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya teknologi
memberikan kesempatan kepada mahasiswa lebih inovatif, kreatif, dan aktif
sehingga nantinya diharapkan proses pembelajaran menjadi sesuatu yang
menyenangkan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan kemampuan storytelling mahasiswa dengan menggunakan modifikasi
model guided inquiry learning dan digital learning. Penelitian dilaksanakan di
UMN Al-washliyah Medan. Populasi yang dijadikan dalam penelitian ini adalah
seluruh semester III Pendidikan Bahasa inggris, sehingga sampel diambil secara
random purposive sebanyak 30 orang, pada semester III A sebagai kelas kontrol
hanya menggunakan model konvensional,semester III B sebagai kelas eksperimen
dengan kolaborasi model guided inquiry learning dan digital learning. Terlebih
dahulu data di analisis uji normalitas dan uji homogenitas data dengan syarat sig
> 0,05, maka diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen, kemudian
data hasil kemampuan storytelling dianalisis dengan menggunakan General
Linier Models, dengan syarat penerimaan hipotesis adalah sig < 0,05 dan dalam
proses pembelajaran mahasiswa lebih aktif dan keadaan kelas lebih nyaman dan
kondusif.

 

Diterbitkan
2018-04-16