PENGARUH KELEKATAN SISWA PADA ORANG TUA DAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWADI SMA SWASTA DELI SERDANG

  • Rofiqoh Hasan Harahap, Sutri Novika UMN Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelekatan siswa pada orang tua dan guru terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha anak untuk mendapatkan kompetensi, keterampilan (skill), dan sikap (attitude) yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang
menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu. Kelekatan adalah suatu ikatan emosional yang erat antara satu individu dengan individu yang
lainnya yang bersifat spesifik dan memberikan rasa aman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana variabel prestasi belajar dari nilai rapor dan variabel
kelekatan dari angket yang disebar dengan skala likert. Penelitian ini dilaksanakan di SMA swasta Deli Serdang dengan jumlah sampel 40 orang dengan menggunakan teknik
probability sampling.Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dan kelekatan orang tua dan guru. Teknik analisis yang akan digunakan dengan analisis
statistik uji F Regresi Linier berganda,dengan bantuan program komputer SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelekatan
pada orang tua dan kelekatan pada guru terhadap prestasi belajar fisika siswa, dimana nilai pengaruh tersebut sebesar 0,5 dan kekuatan pengaruh yang terjadi sebesar 0,250
atau 25%.

Diterbitkan
2018-04-11