KEMAMPUAN MEMBUAT KARYA ILMIAH DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP SIKAP ILMIAH MAHASISWA

  • Sujarwo, Abdul Mujib UMN Al Washliyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan membuat
karya ilmiah dan aktivitas belajar terhadap sikap ilmiah mahasiswa dan interaksi
pengaruh kemampuan membuat karya ilmiah dan aktivitas belajar terhadap sikap
ilmiah mahasiswa. Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan disain
fakorial 2 x 2. Sampel penelitian adalah sebanyak 10 mahasiswa dalam setiap
kelompok sesuai rancangan penelitian. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa
pendidikan anak usia dini dan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di UMN Al-Washliyah pada fakultas keguruan dan
ilmu pendidikan. Instrumen penelitian menggunakan instrumen non tes yaitu
lembar aktivitas belajar mahasiswa dan karya ilmiah yang dibuat oleh
mahasiswa. Hasil analisis data menggunakan analisis varians dua jalur
menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan mahasiswa dalam membuat
karya ilmiah. Hasil hitung analisis varians dua jalur menunjukkan bahwa F
: 4.513> F : 4,1; tidak ada perbedaan aktivitas belajar. Hasil hitung analisis
varians dua jalur menunjukkan bahwa F tabel hitung : 1.002 < F : 4,1; tidak ada
interaksi antara kemampuan membuat karya ilmiah dan aktivitas belajar
terhadap sikap ilmiah mahasiswa. Hasil hitung analisis varians dua jalur
menunjukkan bahwa F hitung : 0.422 < F tabel tabel : 4,1. Hasil analisis varians dua jalur
menunjukkan tidak ada interkasi antara kemampuan membuat karya ilmiah dan
aktivitas belajar terhadap sikap ilmiah mahasiswa maka analisi lanjut tidak dapat
dilakukan. Kesimpulan hasil penelitian adalah tidak ada pengaruh kemampuan
membuat karya ilmiah dan aktivitas belajar terhadap sikap ilmiah mahasiswa dan
tidak ada interaksi pengaruh kemampuan membuat karya ilmiah dan aktivitas
belajar terhadap sikap ilmiah mahasiswa.

Diterbitkan
2018-04-16