MODIFIKASI TASK-BASEDLANGUAGE TEACHING DAN INQUIRY-BASED LANGUAGE TEACHING MELALUI CURIOSITY LEVELDALAM EFEKTIVITAS KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking Mahasiwa
melalui curiosity level dengan modifikasi dua model pembelajaran; Task-based
Language Teaching (TBLT) dan Inquiry-based Language Teaching (IBLT). Untuk
mencapai tujuan penelitian ini, metode penelitian kuantitatif dengang desain
faktorial digunakan, dan terdapat dua kelas Pendidikan Bahasa Inggris UMN-AW
dipilih menjadi sample yaitu: semester V A sebagai kelas ekperimen I, dan kelas
VB sebagi kelas eksperimen II. Kemudian,dengan menggunakan analisis anova
2x2 (General Linier Models) SPSS 22 IBM for Windows dan menggunakan
MS.Excel ditemukan bahwa Modifikasi Task-based Language Teaching (TBLT)
dan Inquiry-based Language Teaching (IBLT) memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan Public Speaking, mahasiswa pendidikan Bahasa
Inggris yang memiliki curiosity level tingkat tinggi memiliki kemampuan Public
Speaking mahasiswa lebih baik, dan tidak ada interaksi antara TBLT dan IBLT
dengan curiosity level terhadap kemampuan Public Speaking mahasiswa
Pendidikan Bahasa Inggris. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan TBLT
saja atau modifikasi TBLT dan IBLT dapat memeberikan pengaruh yang sangat
signifikan terhadap kemampauan Public Speaking mahasiswa dimana mahasiswa
menjadi lebih aktfi, komunikatif, dan interaktif.