KONFLIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN KALKULUS II
Abstrak
Konflik kognitif adalah pendekatan pembelajaran yang memberikan masalah-masalah untuk menciptakan konflik konseptual dan mengupayakan terjadinya akomodasi kognitif
bagi mahasiswa. Sehingga pendekatan ini sesuai dengan karakter matakuliah Kalkulus II yang membutuhkan banyak pemahaman konsep-konsep dasar kalkulus seperti limit
fungsi, turunan fungsi, dam integral. Untuk itu, tujuan dari penelitan ini adalah untuk melihat efektifitas pembelajaran konflik kognitif dalam perkuliahan kalkulus II ditinjau
dari kemampuan awal matematis (KAM) mahasiswa. metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konflik kognitif
sangat efektif diberikan pada mahasiswa dengan pengetahuan awal matematis level sedang. Sedangkan untuk level KAM rendah, mahasiswa mengalami kesulitan dalam
belajar hal ini bertolak belakang dengan mahasiswa KAM tinggi. Modifikasi pembelajaran konflik kognitif perlu dilakukan sebagai upaya optimalisasi hasil belajar
mahasiswa.