PENERAPAN TEKNIK KELOMPOK BELAJAR KONTEKSTUAL DALAM PENGAJARAN MATAKULIAH FONOLOGI BAGI MAHASISWA SASTRA INGGRIS UMN-AW MEDAN
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan teknik kelompok belajar kontekstual dalam pengajaran matakuliah fonologi bagi mahasiswa sastra Inggris UMN-AW Medan. Bagaimana mengajarkan fonologi bahasa Inggris dengan benar merupakan suatu tantangan tersendiri. Keterampilan berbicara mahasiswa menjadi hal yang sangat penting dalam matakuliah fonologi. Berbicara merupakan kegiatan yang membutuhkan kepercayaan diri untuk tampil mengungkapkan gagasan. Suasana kelas memiliki peran yang penting agar mahasiswa mampu tampil aktif dalam pembelajaran fonologi. Untuk menciptakan suasana kelas yang mendukung diperlukan teknik pembelajaran yang tepat. Salah satu teknik pembelajaran yang tepat untuk mengajar matakuliah fonologi adalah teknik kelompok belajar kontekstual. Dalam kelompok belajar tersebut mahasiswa berusaha untuk mengutarakan pikirannya dan berdiskusi dengan teman. Konsep dasar dalam teknik ini adalah menyatukan pengalaman-pengalaman dari masing-masing individu. Teknik ini memacu mahasiswa untuk berkomentar dan mengungkapkan gagasannya dalam komunitas belajar.