IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Haryati Ahda Nst, Nurdalilah UMN Al Washliyah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah apakah dengan mengimplementasikan metode tutor sebaya dapat meningkatkan pembelajaran matematika. Jenis Penelitian ini adalah suatu jenis  penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah metode tutor sebaya dan metode konvensional sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika.. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Empat. Sampel penelitian  kelas VIII-3 (kelas kontrol) dan kelas VIII-4 (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, hasil pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan metode tutor sebaya lebih tinggi dari pada hasil pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan metode konvensional.

Diterbitkan
2019-02-12