PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PANTOMIME DI TKIT MADINAH LUBUK PAKAM
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara deskriptif dan kuantitatif peningkatan kecerdaan kinestetik anak di TK IT Madinah melalui pemberian kegiatan pantomime. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah action research dengan model tindakan kemmis &Taggart. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh anak TK IT Madinah Lubuk Pakam yang berjumlah 8 anak dengan variasi usia 3-6 tahun. Sedangkan objek penelitian ini adalah mengembangkan kecerdasan kinestetik anak di TK IT Madinah melalui kegiatan bermain pantomime. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh total kenaikan rata-rata saat observasi sebesar 0.6875, dengan persentase total kenaikan yaitu 22,92% . dengan demikian, dapat dikatakan intervensi berhasil dilaksanakan karena telah terjadi perubahan kearah perbaikan, yaitu sekitar 71% dari jumlah anak mendapat kriteria baik. Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa dengan bermain pantomime dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 3-6 tahun di TK IT Madinah Lubuk Pakam