PEGGUNAAN TEKNIK THINK-TALK-WRITTEN (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2017-2018

  • Lisa Septia Dewi Br.Ginting, Rosmilan Pulungan UMN Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui tentang pengaruh teknik Think-Talk-Written terhadap kemampuan menulis Biografi siswa kelas X Smk Multi Karya Medan Tahun Ajaran 2017-2018.Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esaay. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Smk Multi Karya Medan yang berjumlah 364 orang. Dalam menentuka sample dilakukan dengan teknik sampling purposif sebanyak 40 orang. Hipotesa penelitian ini diuji dengan rumus statistik uji T, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 3.04  sedangkan t table pada taraf signifikan 5% sebesar 2,09 pada taraf  signifikan 1% sebesar 2.86. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan Think-Talk-Written (TTW)terhadap kemampuan menulis biografi oleh siswa kelas X Smk Multi Karya Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.

Diterbitkan
2019-02-12