PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING DI KELOMPOK B TK ISLAM AL-IKHLAS SWADAYA

  • Dwi Septi Anjas Wulan, Dewi Fitria UMN Al Washliyah

Abstrak

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B di TK Al Ikhlas Swadaya Kecamatan Medan Marelan dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui metode discovery learning di kelompok B TK Al Ikhlas Swadaya Kecamatan Medan Marelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan logika matematika melalui discovery learning, dapat dibuktikan rata-rata skor kecerdasan logika matematika pra tindakan anak sebesar 32,81%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 37,44% sehingga menjadi 70,25%. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II kecerdasan logika matematika anak mengalami peningkatan sebesar 17,91% dari 70,25% menjadi 88,16%. Sehingga total peningkatan kecerdasan logika matematika anak mulai dari pra tindakan, siklus I sampai siklus II 32,81% yaitu 70,25% menjadi 88,16%.

Diterbitkan
2019-02-12