KEGIATAN PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING: STUDI RUANG KELAS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA (UMN) AL WASHLIYAH
Abstrak
Teori konstruktivisme memiliki kesamaan dalam membantu mengembangkan pembelajaran di ruang kelas, sehingga dosen hanya sebagai fasilitator dan pemeran utama pembelajaran adalah mahasiswa yang disebut dengan Student Centered Learning (SCL). Terutama dalam pelaksanaan diruang kelas FKIP UMN Al Washliyah, melalui Kemenristek Dikti, Universitas menjadi lembaga yang harus melaksanakan KKNI dalam setiap pembelajaran. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang lebih mempengaruhi keberhasilan pembelajaran dalam ruang kelas terhadap persepsi, implementasi dan assessment Student Center Learning di FKIP Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 36 Dosen yang mengajar di Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahsa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Bimbingan Konseling dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, sehingga sampel diambil secara random purposive. Teknik pengumpulan dengan menggunakan angket skala Likert, dengan teknik analisis faktor dengan IBM SPSS 22 for windows. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan analisis adalah bahwa faktor student centered learning adalah persepsi sebesar 0,807 dan assessment SCL sebesar 0,899.