PENINGKATAN SELF CONFIDENCE MAHASISWA TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN SUPER ITEM
Abstrak
Self confidence merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan konsep mahasiswa. Jika self confidence mahasiswa tinggi maka kemungkinan kemampuan konsep mahasiswa juga tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan konsep matematis dan self confidence mahasiswa teknik maka akan diterapkan pembelajaran superitem. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan self confidence mahasiswa teknik melalui pembelajaran super item dan (2) untuk mengetahui ada tidaknya interaksi self confidence antara pembelajaran dan tingkat kemampuan mahasiswa teknik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Nonequivalent Contol Group Design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Amir Hamzah berjumlah 23 mahasiswa. Pengumpulan data kemampuan dan self confidence mahasiswa diperoleh dari angket. Analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur. Adapun yang menjadi luaran dalam penelitian ini adalah publikasi artikel hasil penelitian pada jurnal dan prosiding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan self confidence mahasiswa teknik melalui pembelajaran super item dan (2) tidak terdapat interaksi self confidence antara pembelajaran dan tingkat kemampuan mahasiswa teknik.