PERUMUSAN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 BAGI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH MEDAN
Abstrak
Kurikulum 2013, menjadi pegangan dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, sehingga setiap calon guru atau mahasiswa yang akan mengikuti magang III wajib mengetahui setiap komponen Kurilum 2013 (K13), namun hal tersebut tidak sesuai dengan harapan, hasil wawancara diketahui bahwa mahasiwa tidak memahami komponen inti dalam pembelajaran, bahkan dalam melaksanakan K13 mahasiswa tidak mampu menyebutkan strategi pembelajaran inovatif, kunci utama dalam menintegrasikan aktivitas pembelajaran dengan penilaian abad 21. Populasi Peneilitian adalah seluruh mahasiswa semester VI Tahun Ajaran 2018/2019 FKIP UMN Al Washliyah, sehingga sampel diambil secara random purposive (sesuai dengan kebutuhan). Dengan demikian sampel penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan, masing-masing berjumlah 10 orang, sehingga total sampel adalah 70 mahasiswa. Penelitian bersifat Research and Developmnet dengan desain ADDIE. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara, dengan teknik analisa data menggunakan analisis faktor melalui IBM SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini diperoleh faktor-faktor kesulitan pemahaman, penyelesaian sketsa aktivitas dan desain pembelajaran berbasis karakter (strategi, model, pendekatan pembelajaran) Kurikulum 2013, diketahui bahwa pemahaman mahasiswa pada karakteristik K13 sebesar 0,895 dan pada component 2 pada faktor kesulitan menyelesaikan sketsa aktivitas sebesar 0,861 dan faktor dalam menentukan desain pembelajaran K13 sebesar 0,751.