PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN BERKOMUNIKASI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT PADA MATERI KONSEP MOL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia dan kecakapan berkomunikasi siswa pada materi konsep mol di kelas X SMA Negeri 18 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar sebanyak 20 soal dan instrumen nontes berupa lembar observasi kecakapan berkomunikasi. Berdasarkan data hasil perhitungan, untuk uji hipotesis I diperoleh nilai Sig. 0,015 < (0,05) sehingga Ha diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan media Handout dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD menggunakan media Handout pada materi konsep mol. Untuk uji hipotesis II diperoleh nilai Sig. 0,031< (0,05) sehingga Ha diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan kecakapan berkomunikasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan media Handout dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD menggunakan media Handout pada materi konsep mol. Berdasarkan data hasil belajar siswa, model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan media handout lebih baik daripada model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD menggunakan media handout pada materi konsep mol dengan persentase sebesar 4,46% dan dari nilai kecakapan berkomunikasi, model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan media handout lebih baik dari pada model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD menggunakan media Handout pada materi konsep mol dengan persentase sebesar 4,38%.