PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBUKTIAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR
Abstrak
Pembelajaran matematika adalah kegiatan yang menggunakan matematika sebagai salah satu upaya dalam mencapai tujuan pendidikan dan sebagai kemajuan ilmu dan teknologi. Pendidikan matematika adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada pemecahan masalah matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pembuktian berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMN-AW yang berjumlah 30 mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara gaya belajar dipilih 3 orang mahasiswa sebagai subjek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik menggunakan langkah-langkah penyelesaian Polya yang relatif sama, pada proses pemahaman soal dan lebih rinci serta logis dalam penyusunan strategi pemecahan masalah. Target luaran yang akan dicapai pada penelitian ini adalah jurnal dan prosidding.