PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBASIS AUTOGRAPH
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Autograph. Penelitian ini terdiri dari 1 kelas, yakni mahasiswa semester III H Program Studdi Pendidikan Matematika UMN Al-Washliyah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, yang terdiri dari 4 butir soal essay dengan skor maksimal adalah 48. Tes kemampuan pemecahan masalah diberikan sebelum pembelajaran (pretes) dan sesudah pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Autograph (postes). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan IBM SPSS Statistic 23, diperoleh nilai t hitung sebesar 12,90 dan t tabel 2,003. Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa dengan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Autograph.