PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • Siti Khayroiyah, Tanti Jumaisyaroh Siregar UMN Al Washliyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif jigsaw dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Lab IKIP Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs dengan mengambil dua kelas yaitu VIII A dan VIII B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis siswa (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran langsung. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Diterbitkan
2019-10-02