PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara mahasiswa yang diberi pembelajaran kooperatif jigsaw dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran langsung. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pend. Matematika FKIP UMN Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII dengan mengambil dua kelas yaitu VIII A dan VIII B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada mahasiswa yang diberi pembelajaran langsung. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dijadikan alternatif bagi dosen untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.