PENERAPAN WORD OF MOUTH UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA JASA PENGINAPAN DI KECAMATAN BAHOROK

  • Yayuk Yuliana, Julianto Hutasuhut UMN Al Washliyah

Abstrak

Tumbuhnya pariwisata alam didukung dengan adanya pembangunan utuk penginapan wisatawan. Salah satu pengelola penginapan yang ada di ekowisata batu katak adalah penginapan orchid bungalow. Penginapan ini dikelola oleh Bapak Darwin Ginting dan beberapa karyawannya. Salah satu media promosi yang sering digunakan dalam mempromosikan produk adalah strategi Word of Mouth, atau bisa juga kita sebut mulut ke mulut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi promosi Word of Mouth dalam pemasaran dari penginapan orchid bungalow tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian ini yaitu strategi promosi word of mouth yang digunakan oleh Pengelola penginapan orchid bungalow. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu, pengelola penginapan orchid bungalow menggunakan strategi Word Of Mouth dalam memasarkan penginapannya pngelola menerapkan strategi Word Of Mouth dengan lima T yang harus diperhatikan dalam mengupayakan Word Of Mouth, yaitu Talker, Topics, Tools, Taking Part, dan Trackin.

 

Diterbitkan
2019-10-03