PELAKSANAAN ROLE – PLAYING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING UNTUK MAHASISWA FKIP BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN ENGLISH PROFICIENCY DI UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH MEDAN

  • Zulfitri, Yuliasari Harahap UMN Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan role – play ( permainan peran ) dalam pelatihan Speaking di FKIP Bahasa Inggris UMN Al – Washliyah Medan khusus nya pada pembelajaran English Proficiency. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling penting di dunia. Hampir semua orang dari berbagai negara di seluruh dunia menggunakannya untuk berkomunikasi baik dalam situasi formal maupun non formal. Bahasa Inggris selalu menjadi minat khusus. Dalam hubungan internasional, kemampuan berbahasa Inggris sangat penting untuk dapat berpartisipasi dalam dunia yang lebih luas dari pekerjaan baik itu wirausaha ataupun pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan dalam negeri dan luar negeri. Keterampilan berbicara adalah diukur dari kemampuan untuk melakukan percakapan dalam bahasa. Ini realitas membuat para pengajar khususnya Dosen dan orang tua berpikir bahwa kemampuan berbicara harus dikuasai oleh mahasiswa dan anak- anak mereka. Berdasarkan alasan di atas, peneliti terfokus pada mengajar bahasa Inggris dari pada mengajarkan tentang Inggris bahasa. Penekanannya bukan hanya pada kompetensi linguistik bahasa mahasiswa tetapi juga pada pengembangan kemampuan komunikatif mereka. Agar mengembangkan kemampuan komunikatif mahasiswa, Dosen perlu menciptakan skenario untuk mengajar bahasa secara dinamis, aktif dan  menarik. Dalam pembelajaran keterampilan berbicara, para mahasiswa sering menemukan beberapa masalah. Masalah yang sering ditemukan adalah bahwa bahasa asli mereka menyebabkan mereka sulit untuk menggunakan bahasa asing. Alasan lainnya adalah karena kurangnya motivasi untuk berlatih bahasa kedua dalam percakapan sehari- hari. Banyak teknik dapat diterapkan termasuk role playing karena banyak temuan penelitian  mengatakan bahwa teknik ini efektif untuk digunakan dalam mengajar berbicara. Menurut Stephen D.Hattings berdasarkan pengamatan percakapan di kelas, role playing akan tampaknya menjadi aktivitas yang ideal di mana mahasiswa dapat menggunakan bahasa Inggris mereka kreatif dan bertujuan untuk merangsang situasi percakapan di mana mahasiswa mungkin menemukan diri mereka sendiri dan memberi mereka kesempatan untuk berlatih dan mengembangkan mereka keterampilan komunikasi. Untuk alasan ini, peneliti tertarik untuk menganalisis penggunaan role playing dalam upaya meningkatkan kemampuan speaking dalam pembelajaran English Proficiency. kami juga ingin mengetahui manfaat dan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa.

Diterbitkan
2019-10-03