HUBUNGAN IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM), KINERJA PEGAWAI DENGAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI
Abstrak
Manajemen mutu terpadu atau yang dikenal juga dengan Total Quality Manajen (TQM), juga dapat diartikan sebagai perpaduan semua fungsi dari perusahaan ke dalam falsafah holistik yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktifitas dan pengertian serta kepuasan pelanggan. Selain itu manajemen mutu terpadu juga didefenisikan sebagai sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Mengacu pada konsepsi tersebut di atas, dapat diketahui bahwa manajemen mutu terpadu disesuaikan dengan sifat dasar sekolah/madrasah sebagai organisasi jasa kemanusiaan melalui pengembangan pembelajaran yang berkualitas, untuk melahirkan lulusan yang sesuai dengan harapan. Keberadaan pegawai merupakan aspek yang terpenting bagi terwujudnya rencana organisasi yang telah ditetapkan. Peranan sumber daya manusia akan semakin penting ketika berada pada era globalisasi yang penuh dengan tantangan. Mengingat hal tersebut, sudah menjadi sebuah keharusan bagi organisasi untuk memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu cara dalam menghadapi tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan kinerja pegawainya. Kinerja pegawai akan mencerminkan kinerja organisasi. Maka dengan adanya TQM tersebut dapat meningkatkan kinerja pegawai dan dapat meningkatkannnya kualitas pelayanan kepada para siswa yang menjadi pelanggan utama kita. Pada penelitian di SMK Al Washliyah 3 Medan sudah mulai menerapkan TQM ini dengan sebaik baiknya. Dan hasil penelitian menujukkan bahwa TQM di sekolah tersebut sudah mulai dijalankan, dengan adanya menerpkan TQM tersebut di sekolah maka kinerja pegawai akan semakin baik begitu juga kualitas juga dapat ditingkatkan dengan adanya penerapan TQM tersebut. Bila tidak adanya TQM maka kinerja kita tentu akan kurang baik, karena dengan adanya TQM tersebutlah pimpinan dapat mengukur kinerja para pegawai, dengan menggunakan pilar pilar dasar TQM, yaitu : Fokus kepada pelanggan, Perbaikan berkesinambungan dan perbaikan total. Dan dengan adanya pilar ataupun indicator TQM dapat diukur keberhasilannya manajemen suatu instansi atau organisasi seperti sekolah SMK 3 Al washliyah Medan.