DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL GEOMETRI TRANSFORMASI
Abstrak
Disposisi merupakan salah satu kemampuan afektif yang harus diperhatikan untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitif mahasiswa terutama pada pembelajaran matematika. Mahasiswa jurusan matematika diwajibkan untuk memiliki disposisi matematis tinggi. Disposisi matematis adalah kesadaran serta kecenderungan yang dimiliki mahasiswa dalam berpikir serta mengambil keputusan untuk bertindak secara matematika. Semakin tinggi kemampuan disposisi matematis mahasiswa maka akan semakin tinggi juga kemampuan kognitifnya. Disposisi tidak hanya berdampak pada kemampuan kognitif saja tetapi juga dapat membentuk karakter mahasiswa disebabkan memiliki rasa tanggung jawab pada diri mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat disposisi matematis mahasiswa berdasarkan tingkat kemampuannya dalam menyelesaiakan soal geometri transformasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% disposisi matematis mahasiswa berada pada tingkat kemampuan tinggi dan 25% disposisi matematis mahasiswa pada tingkat kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal geometri transformasi