PROTOTYPE PRODUK BUKU PROGRAM MAGANG III FKIP UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH

  • Asnarni Lubis, Nazriani Lubis Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Kurikulum 2013, menjadi pegangan dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, sehingga setiap calon guru atau mahasiswa yang akan mengikuti magang III wajib mengetahui setiap komponen Kurilum 2013 (K13), namun hal tersebut tidak sesuai dengan harapan, hasil wawancara diketahui bahwa mahasiwa tidak memahami komponen inti dalam pembelajaran, bahkan dalam melaksanakan K13 mahasiswa tidak mampu menyebutkan strategi pembelajaran inovatif, kunci utama dalam menintegrasikan aktivitas pembelajaran dengan penilaian abad 21. Populasi Peneilitian adalah seluruh mahasiswa semester VI Tahun Ajaran 2018/2019 FKIP UMN Al Washliyah, sehingga sampel diambil secara random purposive (sesuai dengan kebutuhan), sampel penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan, masing-masing berjumlah 10 orang, sehingga total sampel adalah 70 mahasiswa. Penelitian bersifat Research and Developmnet dengan model ADDIE. Hasil yang diketahui bahwa produk dinyatakan valid tanpa revisi, baik dari aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan berada pada nilai rata-rata lebih besar dari 2,75. Tahapan ini menyatakan bahwa produk layak melalui tahapan berikutnya yaitu tahapan implementation and evaluation, sehingga dapat diketahui keberhasilan produk diruang kelas.

Diterbitkan
2020-11-11