PENERAPAN MODEL PROBEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi problem based learning dengan siswa yang diberi direct learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu pembelajaran berbasis masalah sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Adetia Tembung dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan mengambil dua kelasĀ secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 47 orang dimana kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol . Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis selanjutnya data dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui problem based learning dengan direct learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar problem based learning dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.