PENGARUH SELF EFFICACY TERHAPAP KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA SMK AL WASLIYAH MEDAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan abstraksiĀ matematis dan self-efficacy siswa. Perangkat pembelajaran berupa,Tes Kemampuan AbstraksiĀ Matematis dan Angket Self-efficacy.Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidtan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mencakup adamodel pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMK Al Washliah 4 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang lembar penilaian pembelajaran untuk mengukur kevalidtan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan.