KEMAMPUAN MERESENSI FILM SOKOLA RIMBA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI OLEH SISWA KELAS X MM 1 SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Fita Fatria, S.Pd., M.Pd, Amanda Syahri Nasution, S.Pd., M.Pd Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan meresensi film dengan menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan pemahaman membuat resume pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MM 1 SMK Multi Karya T.A 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas X MM 1 dengan melibatkan 38 orang siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan bahwa metode resitasi untuk kelas X MM 1 dapat menerima dengan baik penggunaan metode resitasi sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran meresensi film. Target luaran dalam penelitian ini adalah jurnal atau prosiding. Metode penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus uji L, yaitu untuk mengetahui keberhasilan dalam kemampuan meresensi film sokola rimba dengan menggunakan metode resitasi. Berdasarkan tabel di atas diperoleh harga Lhitung = 0,957, sedangkan dari daftar kritisĀ  untuk uji liliefors pada taraf signifikan a = 0,05 dan n = 38 adalah: 0,1438. Dengan demikian diperoleh Lhitung< Ltabel atau 0,0957 < 0,1438 yang berarti data angket kelompok hasil belajar siswa dengan menggunakan metode resitasi terhadap kemampuan resensi film sekolah rimba berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, guru dan kepala sekolah, serta civitas akademika danĀ  semua pihak agar dapat menggunakan metodepembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran.

Diterbitkan
2020-11-12