PEMBERIAN REWARD DALAM PROSE PEMBELAJARANTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Khairani Sakdiah, Mhd. Zulkifli Hasibuan, Putri Winda Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap aktivitas siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi SMK Al Washliyah 3 Medan (2) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian SMK Al Washliyah 3 MedanDesain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik Akuntansi SMK Al Washliyah 3 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah masing-masing kelas.. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode intact group, dimana sampel yang diambil adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Ak 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Ak 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes dan wawancara. analisis validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. analisis reliabilitas untuk instrumen lembar observasi aktivitas siswa dihitung dengan rumus Alpha Chronbach sedangkan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen.

Diterbitkan
2020-11-13