PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP PEMECAHAN MASALAH KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA DI UMN AW
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video dalam pemecahan masalah kemampuan menulis mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, yang bertujuan untuk melihat pengaruh signifikan pada data siswa agar dapat mengetahui permasalahan siswa dan kemampuan mereka dalam menulis berbasis video.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester tujuh jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah sebanyak 60 orang yang dibagi menjadi kelas experimental dan kelas control. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berbentuk observasi, dan memberikan test kepada siswa. Instrument yang digunakan dalam Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu test sebagai pre test dan post test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Anava dua jalur yaitu 0,00 < 0,05 artinya kemampuan menulis mahasiswat dengan menggunakan Video lebih baik dari pada kemampuan menulis dengan menggunakan Kontekstual dan dapat memecahkan masalah mahasiswa. Respon siswa pada kelas Video 82% lebih tinggi dari pada Kontekstual 62% .